KABAR | HANKAM

TNI AL Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kenang Jasa Pahlawan yang Gugur Peristiwa G30SPKI

SKIH / ISTIMEWA

TNI AL Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kenang Jasa Pahlawan yang Gugur Peristiwa G30SPKI

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 1 Oktober 2022, Dalam rangka mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30SPKI, TNI Angkatan Laut (TNI AL) memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar upacara yang dipimpin Asisten Perencanaan Anggaran (Asrena) Kasal Laksma Muda TNI Iwan Isnurwanto di Lapangan Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (01/10).

Upacara yang digelar setiap tahun ini dalam rangka memperingati momen peristiwa G30SPKI yang menyebabkan gugurnya para Jenderal pada tahun 1965 silam. Ketujuh Pahlawan tersebut kemudian disematkan gelar Pahlawan Revolusi dan 1 Oktober ditetapkan sebagai hari Kesaktian Pancasila. Peringatan hari Kesaktian Pancasila seperti tahun-tahun sebelumnya dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo yang juga dihadiri Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

Kegiatan upacara yang mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, dilaksanakan dengan penuh rasa khidmat dan tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku ditengah pandemi Covid-19 yaitu dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Rangkaian pokok upacara peringatan meliputi: mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan, pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Naskah UUD RI Tahun 1945 serta diakhiri pembacaan doa.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending