KABAR | PENDIDIKAN

Siswa dan Guru SMK Strada Daan Mogot Ikuti Pelatihan Software Accurate dari P3M TSM

SKIH / ISTIMEWA

Siswa dan Guru SMK Strada Daan Mogot Ikuti Pelatihan Software Accurate dari P3M TSM

Perkembangan Teknologi digital saat ini juga telah mempengaruhi pembukuan pencatatan keuangan serta transaksi keuangan, dan dalam ilmu akuntansi saat ini telah bisa dikerjaan secara digital dengan Software Accurate, bahkan beberapa perusahaan telah memanfaatkan Akuntasi Komputer Software Accurate dalam pelaporan keuangan, dan untuk memberikan tambahan ilmu Akuntansi Komputer, pada Kamis 16 Juni 2022, Pusat Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management (TSM) memberikan bekal ilmu pengetahuan pada Siswa-siswi SMK Strada Daan Mogot, Tangerang, tentang penguasaan Komputer Akuntansi Software Accurate.

Kepala Sekolah SMK Daan Mogot, Lucia Maria Suprihatin pada wartawan mengaku bersyukur dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Trisakti School of Management, yang mau memberikan dukungan tambahan ilmu pengetahuan, khususnya Akuntansi, terhadap Siswa-siswi serta Guru SMK Strada Daan Mogot, hingga nantinya memiliki kompetensi Accurate atau tersertivikasi.

Untuk peserta pelatihan penggunaan Software Accurate adalah siswa kelas 11, hari ini 120 siswa mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru, dalam mata pelajaran Akuntansi, yaitu akuntansi berbasis Accurate dari Program Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management.

Dan kita berharap para peserta pelatihan akan mendapatkan sertifikat, untuk nantinya bisa mendukung jika Siswa-siswi ingin bekerja. dan ini merupakan tindak lanjut kerjasama SMK Strada Daan Mogot dengan TSM yang sudah berjalan 2 tahun ini. Kedepan kita berharap tidak hanya siswa-siswi tapi juga para Guru yang memperoleh tambahan untuk mendukung kompetensi akuntansi. Kalau hari ini dengan pembekalan Accurate, kedepan kita berharap aka nada tambahan ilmu Perpajakan maupun Kewirausahaan. Siswa-siswi yang lulus selama ini 50% melanjutkan ke Perguruan tinggi dan 50%nya bekerja, namun juga tidak sedikit yang bekerja namun sorenya kuliah, untuk itu kerjasama dalam meningkatkan kompetensi peserta didik, diharapkan bisa semakin ditingkatkan bersama TSM, harapnya.

Pelatihan praktek penggunaan software Accurate tersebut diikuti oleh 120 siswa/siswi kelas 11 SMK Strada Daan Mogot Tangerang. Yang di bagi dalam 6 ruang Komputer, dengan melibatkan 24 Dosen TSM, sehingga diharapkan dapat memberikan pendampingan dalam penguasaan ilmu Komputer Akuntansi tersebut.

Sekretaris P3M Trisakti School of Management Nuno Sutrisno, SE,MM, disela kegiatan pelatihan Accurate tersebut menjelaskan, bahwa Pusat Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management akan terus berkomitmen dan bekerjasama untuk membantu meningkatkan pengetahuan para guru maupun siswa/siswi SMU dan SMK di wilayah Jabodetabek, dan hari ini kita bersyukur, siswa/siswi yang duduk di kelas 11 dan para guru akuntansi di SMK Strada Daan Mogot bisa mengikuti Pelatihan software akuntansi Accurate, dimana kegiatan ini dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00, karena ini merupakan pelatihan materi dan praktek dan evaluasi, maka pelatihan diselenggarakan 2 hari.

Pelatihan ini di mulai dari pengenalan software akuntansi Accurate, yang dilanjutkan dengan cara pengoperasian beberapa transaksi bisnis seperti penjualan, pembelian dan transaksi akuntansi umum lainnya yang sering ditemui pada proses bisnis perusahaan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan jurnal serta implikasinya pada masing-masing laporan keuangan. Software Accurate mampu menghasilkan laporan keuangan secara otomatis berdasarkan input transaksi-transaksi yang dilakukan. Beberapa laporan keuangan yang dibahas diantaranya adalah laporan laba rugi, neraca, laporan laba ditahan dan laporan arus kas.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu membekali siswa/siswi SMK Strada Daan Mogot dalam memahami dan mengoperasikan software akuntansi Accurate yang nantinya akan menjadi bekal untuk para siswa/siswi SMK dalam menghadapi era industri 4.0 serta meningkatkan kompetensi dan profesionalisme di dunia kerja, dimana dalam siklus akuntansi terdapat tahapan-tahapan yang sistemastis mulai dari menganalisa transaksi, penyusunan laporan keuangan, hingga jurnal penutup.

Dimana Pembuatan laporan keuangan merupakan hal yang dibutuhkan oleh mayoritas perusahaan yang ada. Para siswa siswi yang menguasai keahlian untuk menyusun laporan keuangan tentu menjadi nilai tambah ketika memasuki dunia kerja maupun saat melanjutkan perkuliahan setelah nanti lulus SMK.

Software Accurate menawarkan solusi sebagai alat bantu untuk membantu penyusunan laporan keuangan secara elektronik. Accurate merupakan salah satu software akuntansi lokal yang sudah banyak digunakan di Indonesia dan sudah mengacu pada PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan), ungkapnya.

Pelatihan software akuntansi Accurate ini diinisiasi oleh Pusat Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management bersama tim dosen akuntansi Trisakti School of Management untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan untuk meningkatkan pemahaman dan skill pengoperasian software akuntansi Accurate, papar Nuno Sutrisno.(Red)

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending