KABAR | DAERAH

GANJAR PRANOWO SAMBUT BAIK PAPARAN ROAD SHOW PAGUYUBAN JAWA TENGAH

SKIH / ISTIMEWA

GANJAR PRANOWO SAMBUT BAIK PAPARAN ROAD SHOW PAGUYUBAN JAWA TENGAH

Audensi Paguyuban Jawa Tengah (PJT) dihadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, pada Kamis 17 Maret 2022 disambut dengan baik jajaran Pemda Provinsi Jateng, paparan dibidang Solusi pananganan sampah, Bidang perumahan komunitas, transportasi berbasis energi listrik maupun pembinaan UMKM berbasis pemasaran online, serta Bantuan hukum PJT. Langsung ditindaklanjuti jajaran Dinas terkait.

Ketua Umum Paguyuban Jawa Tengah (PJT), Kanjeng Raden Tumenggung Drs Leles Sudarmanto, MM. MBA didampingi Sekjen PJT Ir Frahma Alamiarso menjelaskan bahwa Roadshow ini telah mengunjungi 3 Kabupaten, dan setelah paparan di Gubernur Jateng, akan melanjutkan paparan ke 4 Kabupaten/Kota untuk berbagi program yang bisa di kolaborasikan dengan Pamda, yang pasti kami tidak mengganggu APBD dalam pemberdayaan rakyat, namun justru akan meningkatkan pendapatan daerah maupun masyarakat kami memberikan solusi bersama, tegas KRT Leles Sudarmanto.

Tema Kegiatan road show adalah Bali Deso, Mbangun Deso, kehadiran jajaran PJT hari ini ingin membangun kolaborasi dengan Pemda Kabupaten Pemalang maupun kota dalam upaya percepatan pembangunan ekonomi masyarakat, baik dibidang Ekonomi kerakyatan, UMKM, Produk pertanian, perkebunan maupun indistri kreatif, bahkan kami datang ke Pemda tidak cuma tangan kosong, tapi dengan berbagai produk membantu UMKM maupun Bibit buah-buahan dan bedah rumah. tambahnya.

Sementara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut baik kreativitas Paguyuban Jawa Tengah itu. Selain menjadi ajang silaturahmi, paguyuban kini berkembang pada hal yang produktif. dan paparan terkait UMKM, Lingkungan Hidup, Marketplace dapat langsung berkoordinasi dinas terkait, intinya kami mendukung penuh upaya PJT tersebut.


kami juga berterimakasih Paguyuban ini banyak manfaatnya, mereka membantu saudara-saudara kita di perantauan. Waktu Covid-19 kemarin, beliau-beliau ini yang membantu warga kita di sana. Hari ini datang dengan banyak hal produktif yang menarik. Ini gathuk (cocok), termasuk Sepeda Listrik, ini harus terus kita dukung agar peralihat energi berbahan Fosil bisa beralih ke terbarukan seperti Sepeda Listrik ini, dan kami siap memfasilitasinya apa yang dibutihkan untuk pengembangan di Jateng, kata Ganjar Pranowo.

Wakil Ketua PJT, Ir Frahma Alamiarso juga mengatakan, bahwa PJT kini tidak hanya sekedar tempat kumpul. Namun, ekonomi kreatif sudah dikembangkan dan hasilnya cukup memuaskan.
“Banyak potensi yang bisa dikembangkan teman-teman. Kami harap, sumbangsih dari teman-teman paguyuban ini bisa dikembangkan juga di Jawa Tengah. Ada kerjasama antara kami dengan Pemprov Jateng, jelasnya.

Respati dalam paparannya tentang Pengolahan sampah juga mengungkapkan akan solusi Sampah yang selama ini manjadi masalah besar serta dianggap tak berharga, namun jika di olah bisa bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi.

Agus Pribadi mewakili marketplace Blibli.com dalam paparannya juga siap mendukung pemasaran produk pertanian maupun UKM dari masyarakat Kabupaten Tegal melalui blibli.com dan akan membuatkan website khusus jual beli produk masyarakat Tegal, yang terkoneksi dengan blibli.com, bahkan fasilitas yang ada di blibli.com seperti Blast melalui WhatsApp maupun SMS 10.000 bisa dimanfaatkan untuk program pemasaran produk masyarakat Kabupaten Tegal maupun bisa digunakan untuk sosialisasi program pemerintah daerah kabupaten Tegal kepada warga masyarakat Tegal semua diberikan secara gratis.
(Pry)




Ada banyak produk UMKM yang dihasilkan. Bahkan, Ganjar menjajal sepeda listrik yang dihasilkan dan tertarik untuk memilikinya.
"Saya sudah coba dan enak. Saya harus punya koleksinya. Selain itu produk lainnya juga kualitasnya bagus, sudah layak jualan online. Produk-produk dari limbah yang bagus," ucapnya.

Selain itu, PJT lanjut Ganjar juga konsen soal pengelolaan sampah. Mereka juga bergerak dalam bidang pembangunan rumah dan penyerapan tenaga kerja.
"Ada banyak kontribusi dari kawan-kawan PJT. Mereka semua mengatakan akan membantu kita untuk meningkatkan ekonomi Jawa Tengah. Ini pas sekali, makanya saya senang karena ini sejalan dengan perintah presiden untuk meningkatkan ekonomi melalui ekonomi kreatif," tutupnya.


[18/3 15:19] lelessudarmanto: id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kedatangan tamu spesial, diaspora Jateng yang tergabung dalam Paguyuban Jawa Tengah (PJT), Kamis (17/3/2022). Tak hanya silaturahmi, namun mereka membawa sejumlah produk UMKM unggulan dan dipamerkan ke Ganjar.
Ada produk sepeda listrik, aneka makanan, minuman, sambal, kriya dari limbah seperti mangkok, sendok dan gelas dari kayu, tempat sabun dan lainnya. Produk-produk itu merupakan karya wong Jateng yang merantau di sejumlah daerah di Jabodetabek.


Hari ini kami datang tidak cuma tangan kosong, tapi dengan berbagai produk unggulan. Kami kenalkan produk-produk ini kepada 11 bupati/wali kota di Jateng dan pada pak Gubernur Ganjar Pranowo, kata









Ganjar menyambut baik kreatifitas Paguyuban Jawa Tengah itu. Selain menjadi ajang silaturahmi, paguyuban kini berkembang pada hal yang produktif.
“Paguyuban ini banyak manfaatnya, mereka membantu saudara-saudara kita di perantauan. Waktu Covid-19 kemarin, beliau-beliau ini yang membantu warga kita di sana. Hari ini datang dengan banyak hal produktif yang menarik. Ini gathuk (cocok),” kata Ganjar.

Saya sudah coba dan enak. Saya harus punya koleksinya. Selain itu produk lainnya juga kualitasnya bagus, sudah layak jualan online. Produk-produk dari limbah yang bagus,” ucapnya.

Selain itu, PJT lanjut Ganjar juga konsen soal pengelolaan sampah. Mereka juga bergerak dalam bidang pembangunan rumah dan penyerapan tenaga kerja.

“Ada banyak kontribusi dari kawan-kawan PJT. Mereka semua mengatakan akan membantu kita untuk meningkatkan ekonomi Jawa Tengah. Ini pas sekali, makanya saya senang karena ini sejalan dengan perintah presiden untuk meningkatkan ekonomi melalui ekonomi kreatif




Road show juga untuk Mensosialisasikan program kerja Pemerintah Pusat untuk membantu warga Jawa Tengah, baik di perantauan maupun di daerah, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah di sektor informal
di bidang Perumahan, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Daur ulang
sampah dan Pemberdayaan masyarakat desa di Jawa Tengah, papar KRT Leles Sudarmanto.



Fasilitas lain adalah promosi dengan video di blibli.com serta publikasi di sejumlah stasiun radio di Jateng, bisa dimanfaatkan oleh jajaran Pemda Kabupaten Tegal.

Dalam mendukung produk UMKM masyarakat, PJT bersama blibli.com juga siap memberikan pelatihan, baik dalam peningkatan kemasan produk maupun teknik memanfaatkan marketplace bagi UMKM warga Tegal. Ini merupakan kontribusi Paguyuban Jawa Tengah, papar Agus Pribadi.

Direktur LBH Paguyuban Jawa Tengah, Brigjen Pol (Purn) Drs H Edi Murdiyono SH MH juga memaparkan bahwa LBH PJT siap membantu warga Jawa Tengah yang bermasalah dengan hukum, saat ini untuk Kantor Cabang PJT LawFirm Jateng beralamat di Jalan Kaligawe, Semarang, sehingga warga Jateng seperti yang tinggal di Pantura bisa ke kantor Semarang.

Program lain adalah Pelatihan Paralegal Angkatan 1,2,3 tahun 2021 dan tahun 2022 akan diselenggarakan pada bulan Mei, diprekdiksi akan diikuti oleh 50 hingga 75 calon peserta.

PJT Law Firm dan LBH EM 80 serta Advokat ADI 80 akan mencetak atau membentuk Advokat, yang berkerjasama dengan Universitas Ahmad Yani (UNYANI Yogyakarta) dengan rektor Bapak Djoko Susilo (Mayjen TNI P.) Juga Universitas Jayabaya Jakarta (Ubaya) dengan Dekan Fakultas Hukum, Bapak DR. Tofik Y. Chandra, SH.,MH. Serta Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (UBHARA Jaya), bantuan hukum akan diberikan secara gratis, ungkapnya.

Penulis: Priyono
Editor: Priyono

Now Trending